Home / kabar dpc / Berita

Peradi SAI Denpasar Teken MoU Dengan BKS LPD se-Bali, Giovanni Kasus LPD Bukan Korupsi

PERADI | 15 Sep 2022
Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (Peradi SAI) Dewan Penasihat Cabang Denpasar melantik pengurus baru periode 2022-2026 serta mengangkat advokat baru tahun 2022.

Pelantikan pengurus dan pengangkatan advokat digelar di Hotel Aryaduta, Jalan Kartika Plaza, Badung, Bali, pada Jumat 9 September 2022 malam.

Pelantikan tersebut juga ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Badan Kerja Sama Lembaga Perkreditan Desa ( LPD'>BKS  LPD) se-Provinsi Bali yang jumlahnya mencapai 1.400.

Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPC Peradi SAI Denpasar sekaligus Wakil Ketua Peradi SAI Denpasar, Giovanni Melianus TL SH MH ClA menjelaskan, MoU dengan BKS LPD provinsi Bali sudah dirintis beberapa waktu lalu.

Ia berpandangan pada saat sekarang ini para pengurus LPD di Bali mendapat perlakuan kriminalisasi perkara penyalahgunaan keuangan dibawa ke arah tindak pidana korupsi.

"Padahal itu bukan kerugian keuangan negara, kalaupun ada penyelewengan perbuatan melawan hukum masuknya ke penggelapan tindak pidana umum, bukan korupsi," jelas Giovanni saat dijumpai Tribun Bali di sela acara.

"Peran kami pada penguatan LPD, Peradi memberikan bimbingan perlindungan hukum kepada LPD bermasalah maupun belum bermasalah," sambungnya.

Peradi SAI DPC Denpasar menjelaskan arah kerja sama mengenai kewenangan, status pengelolaan dan penguatan struktural LPD di Bali agar tidak muncul kekhawatiran.

"Dalam waktu dekat kami segera adakan seminar, untuk menelurkan rekomendasi upaya mencari solusi terhadap pemegang kuasa, dari tingkat Presiden, DPR dan lembaga politik lainnya, yang kami cegah preseden asas-asas hal putusan pengadilan, masyarakat takut mengurus mengembangkan LPD karena risiko tindak pidana korupsi," paparnya.

Adapun dari pengurus periode 2022-2026 yang dilantik, Dewan Kehormatan DPC Peradi SAI Denpasar diketuai oleh I Made Suardana SH MH, Ketua Dewan Penasihat J Robert Khuana SH MH CLA, Ketua Dewan Pakar Prof Dr I Wayan Wesna Antara SH MHum MH dan Ketua Dewan Pengurus I Wayan Purwita SH MH CLA.(*).

Penulis : Adrian Amurwonegoro
Publish : 12 September 2022 

Berita terkait juga dimuat pada :