Home / berita / Seputar PERADI

Pesan Natal Peradi SAI: Advokat Harus Ciptakan Rasa Keadilan dan Beri Kedamaian Hati

PERADI | 23 Jan 2024
Jakarta, Beritasatu.com - Ratusan pengacara atau advokat dari berbagai daerah menghadiri perayaan Natal yang diadakan oleh Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (DPN Peradi SAI) di Hotel Pullman Jakarta, Sabtu (20/1/2024) malam.

Dengan mengusung tema "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi," Ketua Umum DPN Peradi SAI, Juniver Girsang, menyampaikan, profesi advokat harus mampu menciptakan rasa keadilan bagi masyarakat umum serta memberikan kedamaian di hati semua anggota keluarga besar Peradi SAI, di mana pun mereka berada.

"Agar DPN Peradi SAI tetap sehat dalam menjalankan fungsi organisasinya, maka jajaran pengurus harus diisi oleh individu yang memiliki kredibilitas dan profesionalitas, agar organisasi tetap berjalan dengan baik. Dengan diisi oleh orang-orang yang memiliki kredibilitas dan profesionalitas, Peradi diharapkan bisa menghadirkan keadilan di tengah-tengah masyarakat," kata Juniver.

Dalam perayaan Natal itu, Juniver juga berharap agar DPN Peradi SAI segera menyelesaikan revisi UU Advokat, agar berbagai persoalan yang menimpa advokat dapat mengacu pada UU Advokat yang disepakati bersama.

"Revisi terhadap UU Advokat perlu diselesaikan dengan segera agar UU Advokat makin sempurna dan berbagai persoalan yang menimpa profesi para advokat dapat mengacu pada UU Advokat yang baru," lanjut Juniver.

Ketua Panitia Perayaan Natal tahun ini, Pia AR Akbar-Nasution, bersama Jennifer B Tumbuan dalam sambutannya menyampaikan bahwa perayaan Natal 2024 dihadiri oleh dewan penasihat, komisi pengawas, dewan kehormatan pusat, jajaran pengurus DPN, serta sejumlah delegasi advokat, antara lain dari DPC di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Cianjur, Bandung, Samarinda, Denpasar, serta Malang Raya.

Pada kesempatan yang sama, Patra M Zen selaku Sekretaris Jenderal DPN Peradi SAI menyampaikan, perayaan Natal dan perayaan hari besar agama lainnya menjadi kegiatan rutin Peradi SAI setiap tahun.
"Di Peradi SAI, kami menjaga toleransi dan saling menghormati sesama rekan advokat yang memiliki agama dan keyakinan berbeda," tandas Patra.
Hadir dalam perayaan Natal tersebut, antara lain pimpinan DPR, pejabat Mahkamah Agung, Mabes Polri, dan Komisi Yudisial.
Selain itu, hadir pula pimpinan organisasi advokat lainnya, seperti anak dari advokat ternama almarhum Adnan Buyung Nasution, dan Jennifer B Tumbuan, yang merupakan anak dari advokat terkenal almarhum Frederik BG Tumbuan.

Rangkaian ibadah dan doa Natal dipimpin oleh Pendeta Luther Zwingli Raprap dan Romo Wilfridus Valiance. Kedua pemuka agama Kristiani ini menyampaikan pesan agar advokat dapat menciptakan damai sejahtera sejak dari lingkungan keluarga dan dapat menjadi berkat bagi sesama.

Penulis : Yustinus Patris Paat
Editor : BW
Publish : 21 Januari 2024 
Sumber : beritasatu.com

Berita terkait juga dimuat pada :