Home / berita / Seputar PERADI

Rakernas Peradi-SAI IV Usung Tema Inklusivitas dan Transformasi Digital

PERADI | 31 Aug 2023
Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (PERADI-SAI) terus berupaya menjadi organisasi advokat pelopor dan terdepan dalam isu inklusivitas dan adaptasi dalam era teknologi informasi.

Selama tiga hari berturut-turut, yaitu 25-27 Agustus 2023, Peradi-SAI menyelenggarakan rangkaian kegiatan Rakernas 2023, bertema 'Transformasi Digital Organisasi Advokat yang Inklusif dan Berkelanjutan' di Hotel Claro, Makassar.

Andi F Simangungsong selaku Ketua Panitia Pengarah Rakernas meyampaikan, tema Rakernas IV tahun 2023 yakni Transformasi Digital Organisasi Advokat yang Inklusif dan Berkelanjutan.

"Rakernas IV tahun ini digelar di Makassar dari tanggal 25 - 27 Agustus 2023," kata dia.

Syahrir Cakkari Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua DPC PERADI-Makassar, dalam laporannya menyampaikan, para peserta sudah mulai hadir tanggal 25 Agustus untuk menghadiri Seminar Nasional terkait "Tindak Pidana Pemilu dan Berita Bohon (Hoax)."

Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, memberikan pengantar seminar dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi.
"Pemerintah menyambut inisiatif PERADI-SAI yang mengambil tema yang sangat relevan saat ini," ujar Tito Karnavian dalam video sambutannya.

Panitia menghadirkan 4 orang narasumber: Hamdan Zoelva, praktisi hukum, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Rahmat Bagja, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Hamzah Halim, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin, dan Zet Tadung Allo, Wakajati Sulawesi Selatan.

Juniver Girsang, Ketua Umum PERADI-SAI menyatakan, perkembangan dan pemanfaatan teknologi digital merupakan sebuah keniscayaan. Itu sebabnya, di tengah gerak hukum yang kian dinamis, penguasaan teknologi menjadi kunci para advokat untuk meningkatkan diri dan beradaptasi, semata demi mewujudkan pelayanan maksimal kepada para pencari keadilan."

Sementara, Patra M Zen, Sekretaris Jenderal PERADI SAI, menyampaikan saat ini PERADI SAI sudah terbentuk di 58 kota, dari Banda Aceh sampai dengan Jayapura, dengan jumlah anggota tidak kurang 11.000 advoakt.

Semua anggota PERADI dapat menggunakan Sistem Informasi Advokat {SIA) untuk melaporkan pemberian bantuan hukum cuma-cuma (pro-bono). "PERADI SAI menjadi organisasi advokat pertama yang menggunakan teknologi informasi," ungkap Patra.

Dalam acara pembukaan Rakernas IV, turut memberikan sambutan secara daring Wakil Ketua MPR RI, Asrul Sani, dan anggota DPR RI, Junimart Girsang dan Trimedya Pandjaitan.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaeman, menyambut hangat kedatangan para pengurus dan anggota Peradi-SAI di Makassar di Rumah Jabatannya sebelum acara pembukaan Rakernas IV. Hadir langsung memberikan sambutan dalam pembukaan.

Pidato Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan dibacakan Kepala Biro Hukum Abel Rante. Secara langsung hadir memberikan sambutan, Kapoksahli Pangdam XIV HSN, Heri Sutrisna mewakili Panglima Polda XIV Hasanuddin dan Wakapolda Sulawesi Selatan, CH Patoppoi.

Penulis : Jonathan Pandapotan Purba & Liputan6.com
Publish : 29 Agustus  2023 
Sumber : liputan6.com

Berita terkait juga dimuat pada :